Translate

Minggu, 06 Januari 2013

memahami isi kandungan al qur'an

                                          struktur dan sistematika mushaf

  Al qur'an terdiri atas 114 suroh dan semua tersusun dalam sebuah mushaf yang terkondifikasi dan terstruktur secara sistematik dan menarik. karna ke-114 suroh bisa kita bagi menjadi tiga yaitu: pembukaan, batang tubuh dan penutup, pembukaan  karna bisa memudahkan kita memahami isi kandungan al qu;an secara sistematis dan konprenhensif.




 1 prolog
     sebagai pemuka suroh al fatihah menyajikan rangkuman dan ringkasan yang padat dan kompak tentang keseluruhan pesan al qu'an. suroh ini yang menggambarkan posisi tuhan sebagai rabbul 'alamin sang pelantan yang menciptakan dan memelihara alam semesta, menjelaskan hibimggan-Nya dengan manusia sebagai perwujudan sifat rohmaniyah dan rohimiyah tuhan, kasih sayang Nya tak terbatas dan kemurahan Nya tak terbayangkan, menyadarkan bahwa manusia akan mempertanggung jaabkan segala perbuatannya di hadapan maliki yawiddin dan selanjut nya mengajarkan semestinya respon manuisia terhadapNya. kemudia suroh al fatihah mengajarkan doa yang mesti di bacakan setiap solat, permohonan akad ditujukan shirothol mustaqim, yakni jalan orang orang yang tuhan anugrahi kenikmatan bukan jalan orang orang yang dia murkai, atau orang orang yang sesat. keseluruhan pesan pesan al qur'n berporos pada ajaran yang tersimpul dalam suroh al fatihah

2 batang tubuh
    
     110 suroh yang membentuk struktur utama mushaf al qur'an yang seolah olah merupakan batang tubuh al qur'an, mengajak kita untuk merenungkan kejadian kita sendiri sebagai manusia, kemampuan dan keterbatasan kita, fungsi kita didunia, informasi tentang fenomena alamda sunnatulloh yang berlaku sepanjang masa, yang memberikan pelajaran berharga untuk kita yang hidup di dunia ini. masalah etika, hukum, dan kearifan dalam pergaulan yang membuat kehidupan bersama menjadi aman dan tentram  yang tidak terlepas dari iman kepada tuhan da hari akhir sehingga menghasilkan perbuatan baik bagi sesama manusia dan semua  mahluk. ke 110 surohddapat di bagi dalam 11 kelompok yang masing masing mempinyai benang merahtematik yang mempertautkan suroh suroh per kelomok.

kelompok 1
 terdiri atas 6 suroh : al baqoroh, ali 'imron, an-nisa', al maidah, al an'am, dan al a'arofsuroh suroh ini menyajikan pandangan umum tentang kejadian manusia, kedudukan dan perannya di bumi, tentang agama agama dengan penekana ahli kitab yang di kenal dalam masyarakat arab yang menjadi sarana dakwah nabi muhammad saw, lalu di kaitkan dengan kelahiran pemeluk agama baru, umat islam yang memenuhi ajakan nabi berserta peraturan dan ketentuan yang menjadi daya perekat umat baru itu. al qur'qn sebagai pegangan dan rujukan kaum muslim di wahyukan untuk memperkuat semua wahyuu sebelumnya dan tidak sama sekali menafikkan kebaikam umat umat lain.

0 komentar:

Posting Komentar

tinggalkan komentar tentang blog yang sederhana ini